Merchandise Inter Milan



Siapapun yang mengaku fans sepakbola pastilah memiliki sesuatu yang berhubungan dengan klub kesayangannya. Paling banter kaos tim-lah. Nggak apa-apa KW atau buatan dalam negeri, hee, yang penting ini bentuk ekspresi tifosi. Jersey Inter Milan produk lokal saya di lemari jumlahnya udah belasan, udah cukup untuk dipake tim kampung saya untuk turnamen tarkam 17 Agustus-an, hee. Sementara koleksi poster bonus tabloid udah numpuk mau nempel dimana.. :-). Dibuang sayang..
Hmm, kalo saya masih remaja, saya membayangkan punya sebuah kamar yang didekorasi cat biru hitam dan isinya penuh koleksi berbau Inter. Dari mulai poster, tempat tidur, pakaian, dan sebagainya. Wah, wah..jadi mengkhayal saya... wkwkwwk. 
Anyway, Inter Milan termasuk klub yang serius mengembangkan sektor merchandise. Di Italia sana mereka termasuk "pemain" besar, dan memperoleh pemasukan besar pula dari sini. Inter mempunyai toko-toko resmi. Yang pertama San Siro Store, yang terletak di Stadion Giuseppe Meazza. Outlet yang didirikan pada 13 Februari 2003 ini berbagi tempat dengan rivalnya, AC Milan. Saat hari-hari biasa, ruangan kedua toko berimbang luasnya. Perbedaan baru terlihat saat pertandingan berlangsung. Tim yang bermain di kandang akan memperoleh posisi ruangan yang lebih besar.



Inter juga mengelola penjualan merchandise di seluruh Italia.
Gerai-gerai  ada di semua bandara di seantero negeri pizza. Bulan Mei 2016, telah dibuka secara resmi Inter Store Milano oleh Presiden Erick Thohir dan turut dihadiri para pemain legendaris Inter Forever, yang berdiri dengan megah di kota Milan. Bahkan I Nerazzurri makin melebarkan sayapnya ke dunia dengan membuka Inter Store di Nanjing, Cina, pada 27 November 2016 yang merupakan pertama di luar Italia. 










Di dunia maya pun idem. Inter melayani pembelian merchandise melalui internet. Alamatnya di situs resmi Inter.It dengan membuka kolom "shop" atau "belanja". Disini konsumen bisa memilih dan memesan barang-barang yang contohnya ditampilkan layaknya belanja online. Cara pembayarannya bisa melalui kartu kredit, transfer bank, atau payment on delivery (bayar di tempat ketika barang tiba).
I Nerazzurri memang tak main-main dalam berjualan. Produk yang ditawarkan lengkap untuk memanjakan para konsumen. Mereka ingin penggemarnya terpuaskan. 
Inter membagi merchandise-nya dalam beberapa kategori. Pertama, Match Kits. Disini dijual kostum resmi pertandingan (jersey, celana, kaus kaki) baik kandang maupun tandang untuk pria dan wanita dalam berbagai ukuran (dewasa, remaja, anak-anak). Konsumen bisa memesan kostum dengan nama dan nomor punggung sesuai selera.
Kategori kedua adalah fashion. Disini ditawarkan kaos t-shirt, jaket, pakaian olahraga, pakaian dalam, topi, sandal dan sebagainya baik itu keluaran Nike atau merk lain biar fans semakin bergaya.
Kategori terakhir adalah accessories, pernak-pernik unik, dan perlengkapan sehari-hari. Dari mulai tas, scarf, bendera, dompet, ikat pinggang, helm, sarung tangan, cangkir, jam, seprei, cover handphone, gantungan kunci, sampai peralatan sekolah. Komplit. Wah, saya sudah kayak sales promosi nih... wkwkwk.
Sayangnya semua barang di toko merchandise Inter termasuk mahal, apalagi bagi kita orang Indonesia. Satu kotak pensil aja yang didalamnya ada pensil, penghapus, penggaris n rautan dihargai 10 euro atau kalo dirupiahkan sekitar 150 ribu! 
Well, rakyat jelata seperti saya cukup make produk KW atau buatan lokal saja, hee. Sebenarnya orang Indonesia itu kreatif lho bikin karya, baju batik aja ada yang bertemakan Inter. Di media sosial seperti facebook biasanya juga ada grup/halaman yang jualan produk lokal berbau Inter seperti grup Jual Beli Jersey (Inter Only), dll. Apapun itu, yang penting kita bisa berekspresi sebagai pendukung I Nerazzurri. Forza Inter!!
(sumber: Soccerseries, Inter.it, dll)   



















Postingan Populer