Sponsor Inter Milan

 
Moratti, Ronaldo, dan Provera

     Salah satu alasan mengapa kostum Inter Milan tetap selalu "bisa" dipakai walau sudah lewat sepuluh tahun lamanya adalah tulisan Pirelli didepannya. Jadi kurang ketahuan, kalau jersey itu baru atau bukan.. hee. Ya, Inter dan Pirelli  sudah ibarat dua sisi uang logam yang tak terpisahkan. Bahkan telah jadi ciri khas. Sudah sejak tahun 1995, Pirelli menjadi sponsor utama Inter. Disaat klub-klub lain silih berganti sponsor atau malah kehilangan (biasanya ditunjukkan dengan kosongnya tulisan didepan kostum), Inter tetap setia dengan perusahaan Italia yang terkenal dengan produksi ban-nya itu. Kerjasama keduanya termasuk nomor tiga terlama di era sepakbola modern sekarang, setelah PSV Eindhoven-Philips (sejak 1982) dan Wolfsburg-Volkswagen (sejak 1990).
     Hubungan Inter-Pirelli bermula dari kedekatan mantan presiden klub Massimo Moratti dengan Marco Tronchetti Provera, Presiden Klub Pirelli yang juga pemilik 20 persen saham Inter. Keduanya jelas saling membutuhkan dan sama-sama diuntungkan. Inter mendapat sokongan dana, sedangkan Pirelli lewat iklan dikostum dan nama besar Inter maka semakin terkenal dan melebarkan sayapnya ke pentas dunia, terutama memenangi persaingan pasar ban. Kabar terbaru kerjasama Inter-Pirelli berlanjut hingga tahun 2021.
     Sebagai klub raksasa yang mempunyai pengeluaran sampai miliaran rupiah setiap musimnya, Inter jelas membutuhkan sponsor dari perusahaan level internasional yang bisa menyokong keuangan mereka. Selain Pirelli, Inter disuplai oleh Nike, perusahaan apparel ternama dari Amerika, yang menjadi sponsor teknik semua perlengkapan Nerazzurri (dari kostum sampai bola) sejak tahun 1998. Tambah wah lagi dengan masuknya Suning Commerce Group, salah satu perusahaan peralatan elektronik terbesar di Cina, yang telah membeli mayoritas saham Inter dari Erick Thohir. Belum cukup, masih ada kurang lebih 20 sponsor yang lain dari perusahaan berbagai produk dan merek yang jika dipampangkan secara berjejer sudah mirip jualan di etalase toko.
 
Makin kuat dengan hadirnya Suning

Berikut ini yang pernah menjadi sponsor utama di kostum Inter:

 Innohit (1981-82), perusahaan elektronika di Italia



Misura (1982-1992), perusahaan makanan dan minuman kesehatan di Italia. Sedangkan Fitgar yang digunakan musim 1991-1992 merupakan produk minuman penambah energi dari Misura.

 Fiorucci (1992-1995), produsen busana asal Milan yang labelnya cukup terkenal di Amerika.

Pirelli (1995-sekarang), perusahaan penghasil ban ternama asal Italia yang sering tampil di ajang balap Formula 1.

Adapun perusahaan apparel yang pernah menjadi sponsor teknik Inter, antara lain:

musim 1977-1981

 
 
musim 1981-1986



 
musim 1986-1988


musim 1988-1991
musim 1991-1998
musim 1998- ...

(sumber: Inter Emotional Site, Soccer Series, Bola, dll)

Postingan Populer