Inter Milan Player: Lennart Skoglund

Lahir di malam Natal 1929 di distrik Ostermalm, Stockholm (Swedia), Lennart Skoglund sudah menunjukkan bakat di olahraga sejak kecil. Karir sepakbolanya dimulai pada 1943 di klub lokal BK Stjärnan dan Sport-Ham, sebelum bergabung dengan Hammarby IF Hammarby pada tahun 1944.

Pada usia 14, ia secara teratur tampil di tim pemuda senior, di mana seorang pejabat Hammarby menggambarkannya sebagai "penipu dengan kaki tercepat yang pernah kami lihat di Selatan".

Lima tahun di Hammarby, Skoglund secara kontroversial dijual kepada tim saingan lain, AIK Fotboll pada Oktober 1949. Itupun hanya sebentar. Dipanggil negaranya membela Timnas Swedia di Piala Dunia 1950 dan bermain apik disana, ia dilirik oleh banyak klub (salah satunya dari Sao Paulo, Brasil).

Pada musim gugur 1950, Internazionale membeli Lennart Skoglund dari klub Swedia, AIK Fotboll dalam kesepakatan yang dilaporkan bernilai 12 juta lira, atau 6.860 pound. Ketika datang ke  Milan pada bulan Oktober tahun yang sama, ia disambut oleh 2.000 pendukung I Nerazzurri. Skoglund melakukan debut di Serie A dengan kemenangan 5-1 melawan Sampdoria. Beberapa minggu kemudian, ia mencetak dua gol di Derby Della Madonnina ketika Inter menang 2-1 melawan AC Milan. Dalam 29 penampilan selama musim pertamanya , pemain berambut pirang itu  mencetak 12 gol saat Inter menjadi runner-up Serie-A 1950-51.

Di musim ketiganya di Italia, Skoglund memantapkan dirinya sebagai pemain kunci di Inter ketika klub sukses memenangkan Serie A di tahun 1952-53 dan 1953-54. Secara keseluruhan, pria Swedia itu memainkan 246 pertandingan kompetitif dan mencetak 57 gol untuk Inter selama sembilan musim. 


Tentang gaya bermainnya, Skoglund memiliki kontrol bola yang bagus dengan kaki kiri yang sangat baik. Bertransformasi menjadi pemain sayap kiri yang matang , Si Nacka berhasil menyeimbangkan keterampilan menggiring bola individu yang menakjubkan dengan persepsi besar tentang permainan.  Ia juga memiliki tembakan yang kuat dengan efisiensi skor yang baik. Skoglund dikenal sebagai spesialis set-piece sepanjang karirnya.

Namun terkadang Skoglund dianggap sebagai pemain yang egois, atau "solois". Di antara kelemahannya adalah daya tahan fisik yang terbatas, inkonsistensi, dan kurangnya stamina. Hal yang paling disorot tentunya kebiasaan buruknya sebagai peminum alkohol. Skoglund meninggal pada tahun 1975 dalam usia 46 tahun.

Mantan Presiden Klub Inter, Massimo Moratti pernah mengatakan: “Skoglund adalah pemain yang memiliki kualitas luar biasa pada masanya, dialah yang tidak mengikuti taktik tetapi malah menawarkan yang tidak terduga.”


Nama: Lennart Skoglund

Panggilan: Nacka

Lahir: Stockholm (Swedia), 24 Desember 1929

Posisi: Gelandang/Sayap Kiri

Karir di Inter Milan: 1950-1959 (246 laga, 57 gol)

Karir Timnas Swedia : 11 laga, 1 gol

Prestasi di Inter Milan: 2 Scudetto (1952-53, 1953-54)


 

 (sumber: Wikipedia)

 

Postingan Populer