Arena Civica : Saksi Bisu Awal Sejarah Inter Milan




Sebelum pindah ke Stadion Giuseppe Meazza (San Siro), ternyata saya (mungkin fans muda lainnya) baru mengetahui  kalau markas pertama Internazionale Milan adalah Arena Civica. Bukan sembarang stadion tentunya, karena Arena Civica menjadi saksi bisu awal sejarah I Nerazzurri.

Mulanya, Arena Civica yang berada di kota Milan dibangun pada 23 Juni 1800 lalu. Saat itu, Napoleon Buonaparte, memerintahkan penghancuran sejumlah benteng yang mengelilingi Castello Sforzesco demi membuka lahan untuk mendirikan berbagai, termasuk arena parade pasukannya.Kawasan baru tersebut kemudian dinamakan dengan Foro Buonaparte. 
Arena Civica dibuka secara resmi pada 18 Agustus 1807. Berarsitektur neo klasik, Arena Civica yang mampu menampung 18.000-30.000 penonton menjadi stadion serba guna di Milan, Italia, yang menyelenggarakan pertandingan sepak bola dan rugby, konser musik dan acara budaya.

Bagi Inter Milan, Arena Civica bukan sembarang stadion kuno; melainkan sebuah stadion yang bersejarah. Stadion tertua di Italia yang juga menjadi rumah  Nerazzurri selama hampir 20 tahun (1930-1958). Disinilah gelar juara Italia dan piala Coppa Italia pertama kali dimenangkan yang tentu menjadi kebanggaan bagi klub. Striker legendaris Giuseppe Meazza mencetak lebih dari setengah golnya yang berjumlah 282 di Arena Civica ketika bersama Biru Hitam.

Scudetto pertama dalam sejarah Inter (1909-1910) sangat berkaitan erat dengan Arena Civica. Yang sangat membekas bagi fans Inter Milan tentu saja kemenangan perdana melawan Juventus pada 28 November 1909. Lapangan resmi yang ditentukan berlokasi di Ripa di porta Ticinese, tapi karena keadaan permukaan lapangan ini seringkali dalam kondisi yang buruk, maka Kota Milan mengizinkan Nerazzurri untuk melangsungkan laga kandang musim dingin mereka di Arena Civica (yang pada saat itu digunakan untuk cabang olahraga lain dan acara-acara non-olahraga, seperti menembak merpati dan permainan pertempuran laut).

Pada tahun 1913, lapangan di Via Goldoni dibangun dan menjadi rumah Inter yang baru, meskipun pertandingan-pertandingan besar berikutnya masih diselenggarakan di di Arena karena kapasitas tempat duduknya yang lebih besar. Oleh karena itu gelar liga tahun 1919/1920 dan 1929/1930 dimenangkan di kedua lapangan tersebut. Bahkan, gelar 1930, di bawah asuhan Arpad Weisz, sebenarnya dimenangkan di tiga lapangan yang berbeda; saat tribun di Via Goldoni runtuh, Inter menghadapi pertandingan gelar menentukan mereka melawan Juventus di San Siro, memulai debutnya di stadion yang di kemudian hari akan menjadi rumah permanen mereka pada tahun 1947.




Stadion yang awalnya hanya digunakan Inter untuk laga-laga besar menjadi rumah tetap mereka mulai musim 1930/31 hingga 1947, saat mereka memutuskan pindah ke rumah mereka saat ini di distrik San Siro. Di lapangan Arena Civica di Milano, Nerazzurri memenangkan gelar liga mereka pada tahun 1937/38 dan 1939/40, serta Coppa Italia tahun 1938/39. Halaman sejarah Nerazzurri ditulis di atas rumput lapangan ini yang menjadi tempat bagi tim asuhan Arpad Weisz yang legendaris, tempat Peppino Meazza mencetak lebih dari 100 golnya, Annibale Frossi, dan pemain-pelatih Virgilio Fossati.

Kemudian muncul tim tahun 1950-an yang legendaris yaitu Nyers dan Skoglund serta dua gelar liga berturut-turut mereka (1952/53 dan 1953/54); mereka berlatih di Arena Civica dan bahkan kadang memainkan pertandingan resmi di sana.

Selain tempat bertemu Inter Milan menghadapi Lyon pada ajang Faris Cup, di stadion Arena Civica ini juga pernah berlangsung laga resmi timnas Italia saat mengalahkan Prancis 6-2, pada 15 Mei 1910.

Pada tahun 2003, Arena Civica sudah resmi berganti nama menjadi Arena Gianni BreraNama ini dipilih sebagai penghormatan terhadap Gianni yang berprofesi sebagai wartawan olahraga. Sejak 17 Januari 2010, Arena adalah tempat asal Amatori Rugby Milano, klub persatuan rugby yang didirikan pada 1927 yang memenangkan 18 Kejuaraan Italia. Stadion ini juga merupakan tempat penyelenggaraan pertemuan atletik tahunan - Notturna di Milano,  serta lapangan kandang bagi tim sepak bola ketiga Milan, Brera Calcio.
Walau sudah pindah ke Stadion Giuseppe Meazza berbagi dengan AC Milan, Arena Civica tetap menjadi sejarah yang tak terlupakan bagi Inter Milan.

(sumber: Inter.it, Wikipedia, Liputan 6.com)






Postingan Populer