Internazionale Story: Musim 1919-1920 Scudetto Ke-2


Butuh sepuluh tahun bagi Internazionale untuk gelar kedua. Akibat Perang Dunia I, kompetisi berhenti selama empat tahun. Berimbas juga ke sistem kompetisi yang kembali ke zaman jahiliyah, dipecah dalam beberapa divisi , regional, dan grup.
Inter berada di divisi Italia Utara regonial Lombardia. Pada babak kualifikasi, mereka berada di Grup A Lombardia bersama Brescia, Juventus Italia, Trevigliese, AC Libertas, dan Cremonese. Dengan rekor 8 menang dan 2 seri (18 poin), Inter berhasil menjadi pemuncak grup dan berhak lolos ke babak selanjutnya bersama Brescia.
Di semifinal, Inter tergabung di Grup C bersama Novara, Bologna, Torino, Andrea Doria, dan Enotria Goliardo. Kembali Inter menjadi juara grup dengan rekor 7 menang, 2 seri, dan 1 kalah (16 poin).
Di babal final, I Nerazzurri bertemu dengan Genoa (juara Grup A), dan Juventus (juara Grup B). Tiga pertandingan menghasilkan Juventus 3-2 Genoa, Inter 1-0 Juventus, dan Inter 1-1 Genoa. Tri poin cukup mengantarkan Inter ke final nasional.
Dari wilayah tengah dan selatan Italia, muncullah Livorno sebagai wakil terkuat. Dalam partai final yang digelar 20 Juni 1920, Inter menang 3-2 atas Livorno. Scudetto kedua berhasil direngkuh tim duet pelatih Francesco Mauro dan Nino Resegotti!

Giuseppe Fossati adalah saudara kandung Virgilio Fossati, pelatih-pemain Inter yang tewas di medan Perang Dunia II



(sumber : Wikipedia, Bolavaganza, Worldfootball.net)

Postingan Populer