Logo Inter Milan


    Logo adalah identitas klub sepakbola yang berupa gambar dan tulisan yang didalamnya terkandung banyak makna. Begitupun logo Inter Milan yang mengalami perubahan dari masa ke masa.
    Pada awal  berdiri ini logo Inter Milan didesain oleh Giorgio Muggiani, seorang desainer lokal. Bentuknya berupa lingkaran dengan warna dasar emas, sesuai kostum Inter pertama. Tifografi IMFC (Internazionale Milano Football Club) diletakkan didalam lingkaran, dengan menyertakan warna biru hitam.
 
Giorgio Muggiani








    Saat Inter dipaksa memakai nama Ambrosiana Inter pada masa kediktatoran Mussolini, logo pun berganti berubah bentuk menjadi perisai, tanda bahwa Italia ketika itu ikut terlibat Perang Dunia I. Gambar ular sebagai simbol Kota Milan pun disertakan sebagai upaya pencitraan. Tipografi IMFC tetap tertera, namun didesain lebih kecil dan ditempatakan diatas perisai. Warna emas tak lagi mendominasi.
 

     Kembali ke logo Inter generasi pertama. Pada tahun 1960-an, atas usul Presiden Angelo Moratti, tanda bintang dengan warna dasar emas diletakkan diatas logo sebagai bukti kepada publik bahwa Inter mampu meraih scudetto. Ya, di Italia bagi klub yang telah meraih 10 scudetto berhak memasang lambang bintang pada logo mereka.
    Di awal musim 1978-80, pada era Presiden Ivanoe Fraizzoli, logo baru diperkenalkan lagi. Gambar ular ditempatkan ditengah logo yang berbentuk perisai. Tak ada lagi tipografi IMFC. Logo ini diganti ketika memasuki musim 1991-92.
    Logo Inter terdahalu yang berbentuk lingkaran berwarna emas digunakan sampai musim 1998-99. Sebagai gantinya logo generasi pertama tersebut direnovasi oleh desainer bernama Nico Collona. Tetap berbentuk lingkaran dan ada tipografi IMFC. Perubahan drastis adalah soal warna, yang tadinya berwarna emas diganti dengan warna dominan biru hitam. Tanda bintang yang semula diluar lingkaran, ditempatkan didalam lingkaran tepat didepan tipografi. Tambahan lain, tulisan Inter ditempatakan dibagaian atas, sedangkan tahun berdirinya, 1908, diletakkan dibawah. Logo ini terakhir dipakai pada musim 2006-07.

    Logo ini diperkenalkan pada musim 2014-15 sebagai simbol identitas korporat baru: Satu Suara untuk Tim yang Istimewa. Warna emas kembali hadir. Tak ada lagi tulisan Inter, angka 1908, dan gambar bintang. Inter mengaitkan logo ini dengan orang-orang terbaik yang ada dikehidupan setiap penggemar 

 Pada akhir Maret 2021, Inter meluncurkan logo baru yang akan digunakan mulai musim 2021-22. Mengedepankan inisial nama klub: I M, dari Internazionale Milano - yang juga dapat diinterpretasikan menjadi ungkapan "I am" (saya) dalam bahasa Inggris.

Logo baru ini merupakan penafsiran ulang secara modern modern dari simbol bersejarah klub, dengan tampilan yang lebih ramping dan minimalis. Selain menjaga kesinambungan dengan versi aslinya, simbol baru ini cocok untuk era kekinian yang mengedepankan aspek hiburan, serta membuka diri pada fans muda yang semakin digital.

Tugas untuk mendesain ini dipercayakan kepada tim Bureau Borsche, sebuah studio desain grafis terkemuka yang memiliki citra internasional. Menghilangkan huruf "F" dan "C", fokus logo baru ini adalah pada huruf "I" dan "M", yang menggunakan desain asli rancangan Giorgio Muggiani dan dibingkai oleh lingkaran konsentris klasik, sesuai dengan tradisi Nerazzurri.

I M, yang dibaca “I am”, mencoba untuk memberikan konteks terhadap identitas visual terbaru Inter melalui bahasa masa kini: I M Football Club Internazionale Milano.

Ungkapan “I am” digunakan untuk mengomunikasikan secara langsung nilai-nilai dan misi klub, serta sebagai sebuah hal unik untuk menggambarkan esensi dari setiap pendukung Inter tanpa ada perbedaan. Ya, berawal dari sebuah sejarah tahun 1908 di Kota Milan lalu perjalanan klub sampai melintasi berbagai penjuru dunia hingga saat ini.



(sumber: Soccerseries Inter Milan, Inter.it, dll).



Postingan Populer