Pusat Latihan Appiano Gentile


    Pusat latihan ini bernama lengkap Centro Sportivo Angelo Moratti.  Nama ini diberikan sebagai penghormatan atas jasa besar Presiden Inter Milan era 1955-68, Angelo Moratti. Berdiri saat menyambut musim 1961-62 atas inisiatif sang presiden dengan pelatih legendaris Helenio Herrera, dimana keduanya berhasil membawa Inter ke puncak kejayaan.  Disinilah tempat para pemain Inter berlatih, dan mematangkan strategi bermain dari sang pelatih.
    Namun demikian, orang lebih mengenal tempat ini dengan sebutan Appiano Gentile, sesuai dengan nama daerahnya berada. Secara geografis, Appiano Gentile terletak tak jauh dari deretan Pegunungan Alpen yang melintasi wilayah Italia. Karena itu hawanya sejuk. Dari Kota Milan, jaraknya sekitar 40-an kilometer.
    Dikelilingi hutan pinus yang jauh dari keramaian, Appiano Gentile sangat ideal sebagai tempat latihan dan persiapan sebelum pertandingan. Disana terdapat tiga lapangan reguler. Satu diantaranya bisa ditutup apabila turun hujan atau salju. Dan dua lapangan lain dikelilingi pagar guna mencegah bola keluar dari lapangan ketika para pemain sedang berlatih.



    Fasilitas lainnya adalah dua tempat gym yang berisi peralatan fitness modern berukuran 250 dan 100 meter persegi. Didekatnya, sebuah ruangan fasilitas medis tersedia bagi para pemain yang menjalani fisioterapi dan terapi pijat. Tak jauh dari situ, terdapat kolam renang yang dilengkapi dengan jacuzzi dan tiga ruang ganti.


    


    
    Ketika menyusuri Appiano Gentile akan terlihat fasilitas 26 kamar, yang terdiri dari 24 double room dan 2 single room. Kamar-kamar di lantai pertama itu diperuntukkan bagi para pemain yang menjalani latihan pra-musim atau pra-pertandingan. Di lantai itu juga terdapat studio produksi televisi yang menyiarkan Inter Channel.
    Di lantai bawah terdapat sebuah ruangan besar yang digunakan sebagai meja makan, dapur dan restoran. Selain itu, juga tersedia sebuah ruangan konferensi pers yang bisa menampung lebih dari 30 wartawan. Biasanya pelatih-pelatih Inter lebih memilih menggelar konferensi pers disini dibandingkan di Stadion Giuseppe Meazza. Tak pelak, informasi mengenai kegiatan latihan Inter atau perkenalan pemain baru biasanya bersumber dari Appiano Gentile.



    Appiano Gentile sudah ibarat rumah bagi para pemain yang pernah dan masih memperkuat Inter. Ya, selama puluhan tahun tempat ini menjadi saksi bisu dari banyaknya peristiwa yang terjadi di Inter, dengan pemain dan pelatih yang datang dan pergi silih berganti setiap musimnya. Mulai dari masa keemasan Herrera dengan La Grande Inter-nya, sampai sekarang (sumber: Soccer).


Postingan Populer